anggidetyas

just a little blog :)

Fenomena Kecanggihan Teknologi Komunikasi di Indonesia December 12, 2012

Berkomunikasi dengan orang dari belahan dunia lainnya sekarang sudah semudah membalikan telapak tangan, dengan menggunakan kecanggihan teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya. Ramalan tentang berkembang pesatnya teknologi sudah diramalkan jauh hari oleh McLuhaan yang menyebutkan bahwa pada akhirnya peralatan teknologi komunikasi yang telah diciptakan akan mempengaruhi bahkan membentuk kehidupan manusia itu sendiri. Kita dapat melihat dari fenomena-fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini, apa yang diramalkan oleh McLuhan benar-benar terjadi.

McLuhan Menyebutkan bahwa sebenarnya manusia tidak akan pernah bisa dipisahkan dengan teknologi. Bagaimana tidak, melihat dari berkembang pesatnya alat teknologi komunikasi yang ada, sebut saja Blackberry, Iphone, Android, Tab, Pad adalah beberapa benda hasil dari kecanggihan teknologi atau yang lebih sering disebut dengan gadget yang saat ini sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Sekarang, fungsi dari Handphone bukanlah lagi soal telfon dan sms. Banyak sekali fitur yang sangat berfungsi dalam memudahkan kegiatan manusia, contohnya untuk berkomunikasi. Bonus lain dirasakan oleh pengguna smartphone atau alat komunikasi lain yaitu dapat secara mdah mengakses internet selama 24/7.

Masyarakat Indonesia dewasa ini memerlukan teknologi dalam seluruh aspek kehidupannya seperti bekerja, berkomunikasi, mendapatkan informasi sampai kelangsungan aktifitas di kehidupan sosialnya. Banyak fungsi dan hal positif yang dirasakan manusia sejak banyaknya bermunculan alat teknologi komunikasi yang canggih. Mengirim data pekerjaan, tugas bahkan file-file penting lain tidak perlu repot-repot datang langsung, melalui electronic mail dengan sekali klik sudah dapat sampai pada tujuan. Berbisnis melalui internet dapat juga dengan praktis dilakukan, bahkan sekarang ini lebih bnayak perempuan yang berbisnis dengan tidak meninggalkan rumah dan bemodalkan jasa Internet. Untuk mencari sebuah data, cukup menggunakan google dan semua data yang anda inginkan akan tersaji.

Kemudahan yang dirasakan oleh manusiadengan adanya kecanggihan teknologi komunikasi ini pun tidak luput dari penyalahgunaan didalamnya. Seperti munculnya hacker yang bekerja untuk membajak file penting seseorang secara ilegal, penipuan yang terjad melalui telfon dan internet, pembajakan lagu-lagu, video sampai maraknya kasus kriminal khussnya yang berkaitan denga  hal asusila terkait pelaku yang terlalu sering menggunakan internet untuk melihat hal-hal yang tidak sepantasnya dilihat bebas. Mirisnya, banyak kasus yang terjadi menimpa remaja dibawah umur dan belum sepenuhnya terungkap karena abstraknya sistem dari internet yang begitu luas tersebar ke seluruh dunia sehingga menyulitkan untuk melacak secara khusus.

Dampak yang kurang menguntungkan pun dapat dirasakan dalam segi kesehatan. Menurut beberapa penelitian yang tertera dalam sebuah situs VIVAnews.com menyebutkan, “menghabiskan waktu lebih dari lima jam per hari di depan komputer bisa merusak jantung dan menjurus pada kematian yang lebih cepat”, “perkembangan otak pada anak-anak di bawah umur Sembilan tahun dapat mengalami kerusakan”, “efek radiasi dari sebuah ponsel dapat membahayakan kesehatan anak-anak di bawah umur dua belas tahun”. Hal-hal negatif tersebut mungkin tidak akan terasa dampaknya dalam sekejap, tetapi bila dibiarkan akan berdampak fatal. Meningkatnya rasa malas akan beraktivitas dirasa menjadi efek dari internet, kecanduan game online dan browsing internet akan mengakibatkan seseorang “betah” untuk berlama-lama diam di depan komputer bahkan sampai begadang, yang akhirnya malas untuk sekolah/bekerja.

Disamping hal negatif tadi, ada pula fenomena yang harus menjadi perhatian penting di kalangan masyarakat Indonesia. saat ini Alat komunikasi sudah beralih fungsi menjadi suatu hal yang mencirikan status sosial seseorang. Orang berlomba-lomba mengganti gadgetnya setiap ada terobosan baru agar dianggap uptodate dan gaul. Padahal fitur yag ditawarkan tidak jauh beda dengan apa yang ditawarkan keluaran sebelumnya. Anak remaja saat ini akan dibilang cupu bila tidak mempunyai akun di media sosial tertentu. Setiap hari mengupdate kegiatan melalui media social sepeti FB, Twitter, Google+, Path dll. kebiasaan ini lambat laun juga menjadi ajang pamer, dengan mengupdate semua kegiatan yang sedang terjadi, nukan tidak mungkin seseorang akan telacak keberadaannya karena ulahnya sendiri.

Sebuah fenomena dan efek nyata yang ironis melihat bnyaknya dampak negatif yang terjadi akibat kecanggihan teknologi yang selama ini banyak membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Seperti yang McLuhan sebutkan bahwa pada akhirnya manusia akan dipengaruhi oleh teknologi yang dibuatnya sendiri. hal ini dapat dikurangi dan juga dicegah dengan cara mengurangi pemakaian alat teknologi komunikasi dan jangan menjadi orang yang haus akan tenologi dan perhatian akan status sosial dari lingkungan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s