anggidetyas

just a little blog :)

Komunikasi dan Pekembangan Teknologi Komunikasi December 12, 2012

Filed under: college — anggidetyas @ 1:46 am
Tags: , ,

Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia terbilang lumayan cepat, hanya dengan beberapa tahun saja Internet dan alat komunikasi canggih lain dapat menyebar diseluruh Indonesia. Menurut BNET Business Dictionary (2008) Teknologi Komunikasi adalah sistem elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi antara individu atau kelompok orang. Teknologi komunikasi menfasilitasi komunikasi antara individu atau kelompok yang tidak bertemu secara fisik di lokasi yang sama.

Kemunculan teknologi tidak terlepas dari bentuk-bentuk komunikasi yang digunakan. Karakteristik dari tiap bentuk komunikasi yang terjadi juga turut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi komunikasi yang ada. Berikut beberapa ulasan mengenai implikasi perkembangan teknologi komunikasi dengan karakterisitik dari bentuk komunikasi.

Komunikasi Interpersonal, komunikasi ini biasa kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari dan melibatkan dua orang. Selengkapnya komunikasi Interpersonal menurut  Joseph A.Devito Interpersonal Communication is the process of sending and receiving messages between two persons, or among a small group of persons, with some effect and some immediate feedback. Komunikasi ini terjadi biasanya dalam personal chat di blackberry messenger, videochat di skype atau komunikasi antarpribadi lainnya. Ada pergeseran karakteristik yang nyata tercermin melalui pemanfaatan teknologi komunikasi ini, biasanya orang melakukan komunikasi ini secara langsung atau tatap muka, tetapi dengan adanya teknologi semua hal dapat dilakukan hanya dengan sekali klik. Bahkan sekarang, seseorang dapat melakukan percakapan yang terpisah jarak dan waktu.

Lain halnya dengan Komunikasi massa. Komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner (Rakhmat,seperti yang disitir Komala, dalam karnilh, dkk.1999), yakni komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people). Komunikasi dilakukan dari satu komunikator ke banyak massa, haruslah menggunakan media sebagai perantaranya, komunikator yang melembaga, massa yang menjadi target bersifat homogen dan berasal darii berbagai latar belakang sosial, pesan yang disampai kan pun harus serentak. Komunikasi yang tergolong komunikasi massa adalah yang menggunakan media, contohnya surat kabar.

Isu Globalisasi masuk ke Indonesia, mau tidak mau Indonesia mengikuti pekembangan zaman dengan mengikuti arus teknologi yang sudah berkembang pesat termasuk salahsatunya masuknya televisi, radio, internet dan juga kemunculan media abad 21 (smartphone, laptop, tab dll.) contohpelaksanaan komunikasi massa dapat dialkukan secara lebih cepat karena berita dapat langsung di update sesaat setelah terjadinya suatu peristiwa tanpa menunggu waktu terbit (media cetak) dan juga efektif menyeluruh, menyeluruh disini maksudnya dewasa ini hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal akan televisi dan internet, mereka akan cenderung menerima stimuli yang bersifat menarik (audiovisual) dan gratis. Kelebihan lain dirasakan pada praktek komunikasi massa di Internet yang tidak memerlukan biaya yang telalu besar untuk memposting sebuah informasi, Informasi yang di sampaikan pun dapat mendunia mengingat kemudahan dalam mengakses data informasi melalui dunia maya. Feedback yang dirasakan pada komunikasi ini mungkin tertunda, dapat melalui surat pembaca ataupun comment yang di posting pada media online tertentu.

Sekarang sudah zaman nya era komunikasi modern, komunikasi modern ditandai dengan adanya komunikasi interkatif yang dilakukan komunikator dan juga komunikate. Definisi komunikasi interaktif itu sendiri adalah penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikate melalui media tertentu, serta komunikate memberikan feed back secara langsung. Sehingga memungkinkan terjadinya interaksi antara komunikator dan komunikate. Komunikasi macam ini dapat dipermudah melalui media yang canggih sehingga tidak perlu melakukan komunikasi langsung atau tatap muka. Sebenarnya konsep sari komunikasi iinteraktif ini hampir mirip dengan konsep komunikasi massa dimana komunikasi yang berlangsung harus menggunakan media sebagai perantaranya. Yang membedakan adalah, komunikator yang terdapat dalam komunikasi interaktif ini tidak harus melembaga. Contohnya membuat janji dengan rekan kerja bisnis melalui email, membahas suatu topik melalui forum atai milis dsb.

Perkembangan teknologi memiliki banyak peranan dalam mengubah karekteristik dari bentuk komunikasi, tetapi perubahan yang dibuat mayoritas menghasilkan dampak yang positif. Efisiensi waktu dan biaya menjadi hal yang menguntungkan bagi banyak pihak terutama produsen dari media yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Hal yang mungkin menjadi perhatian bagi masyarakat Indonesia adalah bagaimana mengolah dan memilah teknologi yang masuk ke Indonesia agar masyrakat tidak terjerumus di dalamnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s