anggidetyas

just a little blog :)

Social Movement for Youth February 1, 2013

Filed under: nope — anggidetyas @ 2:54 am

catscats

Siapa yang nggak tahu tentang Social movement, saat ini banyak gerakan-gerakan sosial yang ada di Indonesia. Social movement terbentuk atas dasar kesamaan tujuan, visi dan misi perorangan maupun kelompok atas isu atau suatu peristiwa tertentu. Gerakan sosial (bahasa Inggris:social movement) adalah aktivitas sosial berupa gerakan sejenis tindakan sekelompok yang merupakan kelompok informal yang berbetuk organisasi, berjumlah besar atau individu yang secara spesifik berfokus pada suatu isu-isu sosial atau politik dengan melaksanakan, menolak, atau mengkampanyekan sebuah perubahan sosial.

Social movement bisa dimulai dimana saja dan kapan saja, baik berupa offline maupun online. Terlebih dengan adanya teknologi yang semakin canggih seperti saat ini — social media Twitter, Facebook, Blog dan Milis — siapa saja bisa memulai membuat gerakan sosial. Biasanya social movement ada untuk membantu sesama yang membutuhkan pertolongan, contohnya: Coin a Chance, Blood for life, dll. Berikut beberapa Social Movement di Indonesia :

1. Indonesian Youth Conference
IYC dipelopori oleh Alanda Kariza, seorangpelajar berusia 18 tahun, setelah partisipasinya di acara Global Youth Changemakers yang didukung British Council danbertujuan untuk ‘mengumpulkan pemuda Indonesia untuk berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulian merekaterhadap isu-isu terkini serta meyakinkan masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi denganserius’ (Indonesian Youth Conference, n.d). Diorganisir oleh anak muda yang rata-rata duduk di bangku kuliah, acara iniberlangsung setiap tahun sejak tahun 2010 dalam bentuk konferensi perwakilan anak muda dari 33 propinsi dan festivalyang terbuka untuk umum, di mana banyak sesi diadakan dengan pembicara yang mengangkat berbagai isu sosial yangpenting untuk dipedulikan oleh anak muda. IYC ini jg menjadi suatu wadah bagi para pemuda Indonesia untuk dapat menyampaikan aspirasi mereka dan “bersuara”.  Dari masa ke masa, profil anak mudayang terlibat aktif dalam gerakan adalah mahasiswa. Studi-studi tentang gerakan anak muda memang pada umumnya berpusat pada gerakan mahasiswa, sehingga sedikit sekali informasi yang tersedia mengenai anak muda yang aktif di luargerakan mahasiswa atau gerakan mereka yang muda tapi bukan mahasiswa (Jayaram, 2000).

2. Wiser Earth Indonesia
Wiser Earth Indonesia merupakan suatu komunitas dan organisasi di seluruh dunia yang bekerja di bidang keadilan sosial, hak-hak masyarakat adat, dan pelestarian lingkungan untuk saling berhubungan, menjalin kerjasama, berbagi pengetahuan,dan membangun aliansi.

3. Blood For Life
Dari namanya kita sudah tahu bahwa gerakan sosial ini berkaitan dengan donor darah. Blood For Life terbentuk pada akhir bulan Maret, beberapa saat sebelum peristiwa bencana Situ Gintung yang melanda Jakarta. Oleh sekelompok anak negeri, Blood For LIfe dibentuk dan didedikasikan bagi siapa saja yang peduli terhadap sesama yang bersedia menyumbangkan darahnya untuk membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan.

4. Coin A Chance
Banyak ide dan hal unik lainnya yang bisa dilakukan untuk membantu sesama. Contohnya gerakan sosial yang bernama Coin A Chance. Gerakan sosial ini mengajak semua masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan “recehan” atau uang logam yang jarang digunakan. Kumpulan uang logam tersebut ditukarkan dengan “sebuah kesempatan” bagi anak-anak yang kurang mampu untuk melanjutkan sekolah lagi.

5. Indonesia Unite

Gerakan ini adalah sebuah pernyataan sikap bahwa bangsa Indonesia bersatu.  Indonesiaunite. Satu kesatuan dari dua buah kata, Indonesia dan Unite. Indonesiaunite merupakan sebuah gerakan yang menunjukkan Indonesia Bersatu. Awal mula booming Indonesiaunite diawali dari gerakan di twitter dengan melakukan penggunaan hashtag #Indonesiaunite. Saat ini, #indonesiaunite sudah menyebar luas, dari mulai situs yakni indonesiaunite.com, Facebook fans page di facebook.com/indonesiaunite, dan juga blog-blog yang mulai menulis mengenai indonesiaunite ini.

6. Good News From Indonesia (GNFI)
Good News From Indonesia (GNFI) Network adalah jaringan media nirlaba non-pemerintah yang bertujuan untuk menyebarkan kumpulan berita independen dan terpecaya untuk sumber utama dari segala macam kabar baik dari Indonesia. Gerakan ini didedikasikan untuk semua kabar baik dari Indonesia tanpa intervensi dari politik, agama, atau kepentingan pribadi yang dapat membahayakan kemerdekaan Indonesia. Tujuan GNFI terutama adalah untuk meyebarkan semangat optimisme dan nasionalisme ke semua rakyat Indonesia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s